Prodi Pendidikan Bahasa Arab

هذه المادة تهدف إلى تزويد الطلاب المهارة الكتابية الأساسية حول : (1  مفهوم الإملاء أنواع الإملاء ، (2) كتابة الهمزة في أول الكلمة (القاعدة و الأمثلة)، (3) عملية من القاعدة السابقة ، (4) كتابة الهمزة في وسط الكلمة، (5) الهمزة في آخرالكلمة، (6) كتابة الألف اللينة، (7) كتابة ما يعرف به الواوي و اليائ،  (8) علامات الترقيم، (8) المناقشة حول المواد المدروسة بين الطلاب و المحاضر (التحاورية)


      Mata kuliah ini adalah MK wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA. MK ini secara komprehensif membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum, sebagai salah satu komponen yang amat penting dalam proses pembelajaran. Kurikulum merupakan sokoguru bagi keberhasilan dan merupakan petunjuk jalan untuk menentukan arah pendidikan, guna mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pembahasan MK ini meliputi konsep dasar pengembangan kurikulum, asas-asas kurikulum, organisasi kurikulum, komponen-komponen kurikulum, prinsip-prinsip dan pendekatan serta model dalam pengembangan kurikulum, system pengelolaan, para pengembang dan tingkat pengembangan kurikulum, evaluasi kurikulum, inovasi kurikulum dan implementasi kurikulum 2013, terakhir adalah Menelaah dan menganalisis kurikulum Bahasa Arab di MI, MTs dan MA/MAK.


Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan adalah mata kuliah yang mendeskripsikan relasi-relasi pendidikan secara mendasar berkaitan dengan segala aspek yang meliputi aspek : Dinamika pendidikan, Religiusitas, yuridis formal, ekonomi, Historis, filosofis, psikologis, manajeman, budaya, sosial, kompetensi pendidik, potensi bakat anak dan relasi pendidikan lainnya yang relevan.   Semua aspek Pendidikan itu memiliki makna yang penting dan strategis dalam kehidupan.  Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat, maka semakin baik pula tingkat kehidupan sosial kemasyatan.  Sebaliknya, pendidikan masyarakat yang rendah akan berimplikasi pada rendahnya kehidupan kemasyarakatan secara keseluruhan. Relasi antara pendidikan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan ini secara empiris dapat pada kondisi di suatu negara..  Narasi singkat inilah yang dapat saudara-saudara dapat pada sebuah buku Dasar-dasar Pendidikan "menginspirasi Arah dan Karakteristik Kajian Ilmu Pendidikan Islam" penerbit akademia pustaka, oleh penulis : Zaini Fasya...Dapatkan segera!


Matakuliah ini berupaya memecahkan masalah belajar dan pembelajaran Bahasa Arab Khususnya melalui kajian teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian dan penelitian proses dan sumber untuk belajar Bahasa Arab dalam meningkatkan kualitas, efektifitas, dan efisiensi pembelajaran Bahasa Arab

Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan ini mencakup : Esensi PKn (Landasan filosofis, historis, visi, misi, tujuan, kompetensi PKn), Pancasila sebagai Dasar dan Falsafah Negara, bangsa, negara dan warga negara, identitas nasional/nasionalisme, negara dan konstitusi, hubungan negara dan warga negara, kewajiban warga negara dalam bela negara demokrasi Indonesia, pemilu sebagai wujud demokrasi di Indonesia, negara hukum dan HAM, , wawasan nusantara, wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia, ketahanan nasional, dan integrasi nasional

Mata kuliah ini adalah MK wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA. MK ini secara komprehensif membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum, sebagai salah satu komponen yang amat penting dalam proses pembelajaran. Kurikulum merupakan sokoguru bagi keberhasilan dan merupakan petunjuk jalan untuk menentukan arah pendidikan, guna mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pembahasan MK ini meliputi konsep dasar pengembangan kurikulum, asas-asas kurikulum, organisasi kurikulum, komponen-komponen kurikulum, prinsip-prinsip dan pendekatan serta model dalam pengembangan kurikulum, system pengelolaan, para pengembang dan tingkat pengembangan kurikulum, evaluasi kurikulum, inovasi kurikulum dan implementasi kurikulum 2013, terakhir adalah Menelaah dan menganalisis kurikulum Bahasa Arab di MI, MTs dan MA/MAK.


Mata kuliah Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab adalah MK wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA. MK ini secara komprehensif membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum, sebagai salah satu komponen yang amat penting dalam proses pembelajaran. Kurikulum merupakan sokoguru bagi keberhasilan dan merupakan petunjuk jalan untuk menentukan arah pendidikan, guna mencapai tujuan yang dicita-citakan. Pembahasan MK ini meliputi konsep dasar pengembangan kurikulum, asas-asas kurikulum, organisasi kurikulum, komponen-komponen kurikulum, prinsip-prinsip dan pendekatan serta model dalam pengembangan kurikulum, system pengelolaan, para pengembang dan tingkat pengembangan kurikulum, evaluasi kurikulum, inovasi kurikulum dan implementasi kurikulum 2013, terakhir adalah Menelaah dan menganalisis kurikulum Bahasa Arab di MI, MTs dan MA/MAK.


Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab ini merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman kepada para mahasiswa PBA tentang pentingnya sebuah evaluasi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Tanpa adanya sebuah evaluasi, maka para guru dan siswa tidak dapat mengetahui secara tepat sejauh mana kompetensi yang telah dicapai oleh para pembelajar. Untuk itu matakuliah ini sangat penting disajikan oleh para mahasiswa dilingkungan tarbiyah khususnya di jurusa pendidikan bahasa Arab.

Matakuliah ini mencangkup beberapa materi yang disajikan yang diantaranya: konsep dasar evaluasi pembelajaran, karakteristik, model, dan pendekatan evaluasi pembelajaran, prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran, pendekatan tes bahasa dan penyusunan tes bahasa Arab, jenis dan ruang lingkup tes bahasa Arab, tes bahasa Arab berbasis kompetensi, pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen evaluasi jenis nontes, penilaian berbasis kelas, model penilaian portofolio, teknik pengolahan hasil evaluasi pembelajaran, analisis kualitas tes dan butir soal dan pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran dan refleksi pelaksanaan evaluasi.

                Matakuliah ini merupakan salah satu mata kuliah penunjang yang sangat penting dikuasai/ dimiliki oleh mahasiswa jurusan tarbiyah khususnya mahasiswa semester 4 (Empat) diprogramnya dengan bobot 2 sks.