Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar dapat memahami konsep Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) serta peranannya dalam perekonomian Indonesia. Mata kuliah paruh semester pertama memfokuskan pemahaman terhadap koperasi dan kedudukannya dalam pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan pasar oligopoli. Paruh kedua semester membahas tentang pengertian dan batasan UMKM, kontribusi UMKM dalam perekonomian nasional, berbagai permasalahan dan regulasi-regulasi UMKM. Selain itu membahas tentang kebijaksanaan pemerintah dalam pengembangan UMKM di Indonesia.
- Teacher: Dedi Suselo
Mata kuliah Ekonomi Kreatif merupakan mata kuliah ang ada di Program Studi IAT. Adapun bahan kajian dalam mata kuliah ini mencakup pentingnya mempelajari konsep dasar ekonomi
kreatif, unsur-unsur penting kreativitas dan inovasi, pemegang kepentingan ekonomi kreatif, pengembangan kota kreatif, peluang, tantangan, dan strategi pengembangan industri kreatif di era revolusi
industri 4.0. Perkuliahan dilaksanakan sebanyak 14 kali tatap muka ditambah dengan evaluasi hasil belajar dalam bentuk Ujian Tengah dan Akhir Semester serta tugas terstruktur tambahan melalui kuis,
diskusi kelompok dan presentasi makalah. Kemampuan akhir yang diharapkan dari pembelajaran mata kuliah ini adalah penguasaan terhadap teori dan konsep ekonomi kreatif secara menyeluruh pada
khususnya
- Teacher: Alindra Yanuardi
- Bani, M.Pd.I.: Bani -
- Teacher: Mutrofin -