Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar dapat memahami konsep Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) serta peranannya   dalam perekonomian Indonesia. Mata kuliah paruh semester pertama memfokuskan pemahaman terhadap koperasi dan kedudukannya  dalam pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan pasar oligopoli. Paruh kedua semester membahas tentang pengertian dan batasan UMKM, kontribusi UMKM dalam perekonomian nasional, berbagai permasalahan dan regulasi-regulasi  UMKM.  Selain  itu  membahas  tentang  kebijaksanaan  pemerintah  dalam  pengembangan UMKM di Indonesia.

Mata kuliah Ekonomi Kreatif  merupakan mata kuliah ang ada di Program Studi IAT. Adapun bahan kajian dalam mata kuliah ini mencakup pentingnya mempelajari konsep dasar ekonomi kreatif, unsur-unsur penting kreativitas dan inovasi, pemegang kepentingan ekonomi kreatif, pengembangan kota kreatif, peluang, tantangan, dan strategi pengembangan industri kreatif di era revolusi industri 4.0. Perkuliahan dilaksanakan sebanyak 14 kali tatap muka ditambah dengan evaluasi hasil belajar dalam bentuk Ujian Tengah dan Akhir Semester serta tugas terstruktur tambahan melalui kuis, diskusi kelompok dan presentasi makalah. Kemampuan akhir yang diharapkan dari pembelajaran mata kuliah ini adalah penguasaan terhadap teori dan konsep ekonomi kreatif secara menyeluruh pada khususnya