Paradigma pendidikan telah berubah dari pendidikan yang berpusat pada guru ke pendidikan yang berpusat pada siswa. Siswa sebagai pusat pendidikan, bagaimanapun, adalah manusia juga. Cara pandang terhadap hakekat manusia akan menentukan arah ke mana siswa dibantu dan difasilitasi dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Arah  tersebut tidak lain adalah tujuan umum pendidikan yang menjadi salah satu tugas dari Filsafat Pendidikan Islam untuk mengkajinya. Filsafat Pendidikan Islam adalah mata kuliah keilmuan yang memuat kajian pemikiran filosofis tentang hakikat pendidikan Islam. Karena itu, mahasiswa perlu dibantu memperoleh bekal-bekal dasar menurut perspektif Islam yang terkait dengan tujuan umum pendidikan dan hakekat pendidikan yang menjadi basisnya melalui mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Pendidikan Islam berperan membantu mahasiswa memiliki salah satu kompetensi utama lulusan program studi MPI, yaitu memiliki pengetahuan tentang teori Pendidikan Islam. Teori Pendidikan Islam yang disumbangkan mata kuliah ini lebih terfokus pada kajian tentang hakekat pendidikan dan tujuan umum pendidikan, termasuk kajian-kajian prasyaratnya, yaitu hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat alam, hakekat pengetahuan, dan fungsi nilai.