Mata Kuliah profesi keguruan membahas tentang konsep dan citra seorang guru. Guru sebagai seorang pendidik dan seorang pembimbing. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional, pengembangan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam proses belajar mengajar. Guru sebagai sosok pengembang dan pembaharu yang harus lebih inovatif. Mengkaji hubungan guru dan lingkungan serta pengembangan kode etik guru. Proses pembelajaran di mata kuliah profesi keguruan ditekankan pada aktifitas mahasiswa dan kontekstual learning. Evaluasi dilakukan pada aktifitas dan portofolio penugasan yang diberikan kepada mahasiswa.

Untuk melengkapi kemampuan mahasiswa mengenai materi profesi keguruan, pada mata kuliah ini dilakukan searching library agar mahasiswa mendapatkan sumber referensi sebanyak mungkin sehingga analisis yang dilakukan terhadap setiap materi lebih mendalam. Pada bagian lain dilaksanakan juga kegiatan berupa aktititas mahasiswa dalam melihat dan memberikan analsisi terhadap profesi seorang guru. Kegiatan ini dilaksanakan baik secara individu maupun kelompok dengan arahan dan bimbingan dosen pembina sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan membuat kausalitas dari setiap materi dalam pembelajaran profesi keguruan. Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam, proses pembelajaran profesi keguruan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menggunakan berbagai sumber baik buku teks, buku referensi, dokumen, nara sumber atau wawancara kepada seorang guru terkait profesinya. Setiap materi sejarah dirancang sebagai kegiatan pembelajaran yang utuh dan mendalam, baik dilakukan secara kelompok atau individual. Hasil pendalaman tersebut dipaparkan di depan kelas sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang materi sejarah dari berbagai laporan yang disajikan oleh mahasiswa yang lain.