Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diambil atau ditempuh oleh mahasiswa. Posisi mata kuliah ini dalam struktur kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Tulungagung adalah matakuliah kompetensi utama. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi Strategi Pembelajaran Olahraga dan Kesehatan MI/SD, Permainan Bola Besar,Permainan Bola Kecil, Atletik, Beladiri, Kebugaran, Senam, Budaya hidup sehat. Pelaksanaan perkuliahan dengan menggunanakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa diharapkan mampu menerapkan Pembelajaran Olahraga dan Kesehatan MI/SD sesuai dengan kebutuhannya dalam bidang Pendidikan Guru MI.

Strategi Perkuliahan

Untuk mengembangkan sejumlah kompetensi di atas, mahasiswa harus mengikuti proses perkuliahan (Teaching-Learning Processes) dan sejumlah strategi belajar (Learning Strategies) terutama Virtual Dari Rumah (VDR). Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dengan menggunakan beberapa metode: Demontrasi, Inclusive (cakupan), Bagian dan keseluruhan (Part and whole), Saling menilai sesama teman  (Resiprocal), Ceramah, Presentasi, Tanya jawab dan diskusi, proyek/penugasan.

 

Media Pembelajaran

e-Learning IAIN, Zoom Cloud, Youtube, Google Classroom, dan WhatsApp Group, sebab dilaksanakan selama Adaptasi Perubahan Baru akibat Covid-19

 

Penilaian

NO

KOMPONEN

POINT

KETERANGAN

1.       

Kehadiran

10 %

Kehadiran minimal 75%

2.       

Partisispasi diskusi Virtual

15 %

 

3.       

Tugas Mandiri

20 %

4.       

Tugas Terstruktur

10 %

 

5.       

UTS dan UAS

45 %

UAS sesuai jadual.

Total

100%

 

 

Referensi

Budi Sutrisno dan Muhajir. (2014). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Harrison, Joice M., Blakemore, Conie L., (1989). Instructional Strategies. Iowa:Wn.C. Brown Publisher.

Magill, Richard A. (1985). Motor Learning Consepts & Application. Iowa: Wn.C. Brown Publisher.

Metzler, Michael.W. (1999). Instructional Models For Physical Education. Allyn and Bacon. USA.

Nasution. (1984). Didaktik Asas-asa  Mengajar. Bandung: Jemars.

Rusli Lutan. (1988). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud.

Supandi. (1992). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud