Matakuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab ini merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman kepada para mahasiswa PBA tentang pentingnya sebuah evaluasi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Tanpa adanya sebuah evaluasi, maka para guru dan siswa tidak dapat mengetahui secara tepat sejauh mana kompetensi yang telah dicapai oleh para pembelajar. Untuk itu matakuliah ini sangat penting disajikan oleh para mahasiswa dilingkungan tarbiyah khususnya di jurusa pendidikan bahasa Arab.

Matakuliah ini mencangkup beberapa materi yang disajikan yang diantaranya: konsep dasar evaluasi pembelajaran, karakteristik, model, dan pendekatan evaluasi pembelajaran, prosedur pengembangan evaluasi pembelajaran, pendekatan tes bahasa dan penyusunan tes bahasa Arab, jenis dan ruang lingkup tes bahasa Arab, tes bahasa Arab berbasis kompetensi, pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen evaluasi jenis nontes, penilaian berbasis kelas, model penilaian portofolio, teknik pengolahan hasil evaluasi pembelajaran, analisis kualitas tes dan butir soal dan pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran dan refleksi pelaksanaan evaluasi.

                Matakuliah ini merupakan salah satu mata kuliah penunjang yang sangat penting dikuasai/ dimiliki oleh mahasiswa jurusan tarbiyah khususnya mahasiswa semester 4 (Empat) diprogramnya dengan bobot 2 sks.