Mata kuliah pembelajaran bahasa Indonesia MI/SD  ini  merupakan kelanjutan mata kuliah  Keterampilan Berbahasa dan Sastra MI/SD. Materi sebelumnya menekankan pada substansi materi keterampilan  berbahasa dan sastra Indonesia untuk MI/SD. Adapun mata kuliah ini lebih mengarah kepada bagaimana materi tersebut diajarkan. Untuk itu, diperlukan bekal yang mengarah kepada tujuan akhir mata kuliah ini yakni mahasiswa mampu merencanakan, mengajarkan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di MI/SD.

Guna membekali mahasiswa ke arah tujuan tersebut dalam mata kuliah ini akan dikaji secara mendalam tentang, model, strategi, pendekatan , metode, teknik, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, juga akan mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bahasa sastra Indonesia; berlatih menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; berlatih mengembangkan rencana pembelajaran untuk praktik mengajarkan bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI; dan simulasi mengajar. Simulasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia meliputi pembelajaran kelas rendah dan kelas tinggi.