Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang berada di jurusan pendidikan bahasa Arab (PBA), untuk itu setiap mahasiswa harus mengikutinya. Dalam mata kuliah ini bernama strategi pembelajaran bahasa Arab yang diikuti oleh mahasiswa semester V dengan bobot 3 sks.

Dalam pembelajaran ini materi yang akan disampaikan diantaranya bahasa Arab dan ruang lingkupnya, tinjauan umum pembelajaran bahasa Arab, paradigma baru pembelajaran pembelajaran bahasa Arab, pembelajaran bahasa Arab Aktif, pendekatan pembelajaran bahasa Arab, metode pembelajaran bahasa Arab, , desain model pembelajaran bahasa Arab, strategi pembelajaran Elemen bahasa Arab, Strategi pembelajaran kemahiran berbahasa Arab, Tes kemampuan unsur-unsur bahasa dan keterampilan bahasa Arab, Evaluasi pembelajaran bahasa Ara, Permainan edukatif pembelajaran bahasa Arab dan media pembelajaran bahasa Arab.

Mata kuliah ini sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat menunjang para generasi pecinta bahasa Arab yang akan menjadi seorang calon pengajar Bahasa Arab dan meningkatkan mutu pendidikan Islam khususnya pendidikan bahasa Arab.