Isu aktual (kontemporer) yang dimaksud dalam mata kuliah ini sekurang kurangnya menyangkut dua hal; pertama, aktual/kontemporer bermakna informasi/tema yg aktual dan hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Kedua, kontemporer bermakna informasi yg sangat penting untuk dipahami, karena jika salah paham akan menyebabkan citra negatif bagi Islam dan pendidikan Islam.

Isu aktual dalam mata kuliah ini akan membahas tentang informasi dan materi yang sedang menarik diperbincangkan masyarakat, termasuk yg jarang dibahas tapi relevan dgn aktualisasi pendidikan Islam. Seperti bagaimana Islam memandang realitas kehidupan sosial budaya yang berkembang sehingga Islam benar-benar menjadi agama yang rahmatan lil’alamin, santun dan penuh kasih sayang antara sesama umat manusia tanpa memandang agama, suku, golongan, dan warna kulit.

Materi perkuliahan disini hanya bersifat global, yang harus dikembangkan lebih luas oleh mahasiswa melalui belajar mandiri. Materi ini hanya memuat garis garis besar yang akan diperjelas melalui perkuliahan tatap muka di kelas.