Matakuliah
Asesmen Pembelajaran Fisika bertujuan membekali para mahasiswa pengetahuan,
pemahaman dan penerapan pada penyusunan instrumen dan pedoman penilaian yang
digunakan untuk mengevaluasi pelaksanaan
pembelajaran. Dalam perkuliahan dibahas tentang Konsep dasar evaluasi dan ruang
lingkup evaluasi pendidikan; Standar penilaian pendidikan; Domain belajar
kognitif, afektif dan psikomotorik; Instrumen penilaian tes, kualitas tes dan
penyusunannya; Tes objektif dan subjektif; Instrumen penilaian: non tes;
Perencanaan, pelaksanaan dan skoring hasil tes; Analisis hasil tes; Pengolahan
data hasil tes; Evaluasi pelaksanaan pembelajaran; Pelaporan asesmen. Kegiatan
pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang
banyak melibatkan mahasiswa, seperti persentasi, diskusi, tanya jawab serta
praktik pembuatan instrumen dan
rubrik penilaian.
- Teacher: Dyah Palupi Rohmiati, M.Pd