Psikologi kesehatan menjelaskan peran perilaku dalam mempengaruhi  status kesehatan manusia dengan menekankan  empat perspektif yaitu pendekatan  biopsikososial, sehat, sakit dan satu kesatuan antara psikologi dan kesehatan. Psikologi kesehatan menekankan pada pemahaman terhadap faktor yang          mempredksi perilaku kesehatan dan perubahan                 perilaku baik individu maupun masyarakat.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar psikologi kesehatan, konsep sehat-sakit, perilaku kesehatan (Health Behavior), kesehatan dan kesakitan pada masa kanak-kanak dan remaja, health promoting behaviour, health compromising behaviour, stress, coping dan kesehatan, kesakitan dan perilaku mencari bantuan, akses pelayanan kesehatan dan deteksi status kesehatan, health belief model, manajemen penyakit kronik dan isu-isu psikologis terkait penyakit terminal.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis faktor psikologi yang mempengaruhi kesehatan serta menerapkan  upaya intervensi psikologis untuk perubahan perilaku kesehatan.