Mata kuliah bahasa Indonesia merupakan salah satu mata kuliah pengembangan kepribadian. Keberadaannya sebagai bahasa pengantar dan komunikasi di perguruan tinggi harus mencerminkan kedudukannya sebagai bahasa negara. Tujuan  utama mata kuliah ini agar  mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kegiatan menulis ilmiah dan berbicara. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan menumbuhkan dan membangkitkan kecintaan mahasiswa terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Apalagi bahasa Indonesia saat ini telah dipelajari oleh mahasiswa dan siswa asing yang berada di luar negeri serta menjadi bahasa Internasional di tingkat ASEAN. Oleh karena itu, mata kuliah ini wajib diikuti  oleh semua mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, menyatakan sejumlah fungsi bahasa Indonesia. Fungsi bahasa Indonesia menjadi salah satu materi kuliah bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami fungsi utama bahasa Indonesia di Indonesia dan fungsi bahasa-bahasa lain yang ada di Indonesia. Di samping itu, terdapat beberapa materi yang berkaiatan dengan kegiatan menulis ilmiah. Kegiatan menulis ilmiah merupakan kegiatan utama mahasiswa sejak awal masuk kuliah sampai penyelesaian tugas akhir (penulisan skripsi). Dengan demikian, mata kuliah bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang sangat penting untuk bekal kegiatan menulis mahasiswa.

Di samping tujuan-tujuan tersebut mata kuliah ini juga  bertujuan agar mahasiswa dapat santun berbahasa dalam menyampaikan pesannya dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Bahasa mampu membentuk kepribadian manusia. Salah satu fungsi  bahasa membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Oleh karena itu  mata kuliah bahasa Indonesia juga bertujuan membentuk kepribadian dan karakter mahasiswa IAIN Tulungagung jurusan Tadris Matematika khususnya dan jurusan lain di Fakultas Tarbiyah dan Keguaran umumnya