Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan memahami sejarah dan perkembangan teori kepribadian, tipologi kepribadian, serta memahami pengertiam, perkembangan, dan dinamika teori kepribadian. Materi kuliah ini meliputi sejarah dan perkembangan teori kepribadian, tipologi-tipologi kepribadian, teori kepribadian dengan pendekatan psikoanalisa, humanistik, dan behavior

Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi para mahasiswa tentang kewarganegaraan serta memantapkan kepribadian mahasiswa agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari. Mata kuliah ini membahas tentang identitas nasional bangsa Indonesia, nilai dan norma konstitusional UUD RI, hak dan kewajiban warga negara, dinamika penegakan hukum yang berkeadilan, wawasan nusantara, dan ketahanan nasional.

Capaian pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan adalah ditujukan pada pencapaian profil lulusan yaitu calon praktisi dan analis di bidang tasawuf dan psikoterapi. Untuk mencapai profil tersebut maka harus ada keterkaitan antara capaian pembelajaran prodi dan keterkaiatan dengan capaian pembelajaran mata kuliah yaitu meliputi:

1.       Sikap dan Tata Nilai : mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, dan kesadaran hukum serta keragaman.

2.       Pengetahuan : mampu menganalisis masalah kontekstual PKn yang berkaitan dengan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, dan kesadaran hukum serta keragaman.

3.       Keterampilan : mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman serta memecahkan masalah kontekstual PKn yang berkaitan dengan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, demokrasi berkeadaban, dan kesadaran hukum serta keragaman.