Pendidikan dimaknai beragam, perspektif-lah yang akan menentukan kemana terminologi pendidikan itu akan dinyatakan. Karenanya perlu pijakan yang kuat dan komprehensif untuk mengarahkan terminology pendidikan secara proporsional. Berbagai hal yang berkenaan dengan pendidikan akan berawal dari pemaknaan mendalam tentang manusia. Sebab manusia adalah sekaligus sebagai subjek dan objek dalam pendidikan. Pemaknaan yang tepat tentang manusia akan memberikan stimulan awal yang positif dalam membangun pijakan lainnya dalam pendidikan.

Selanjutnya, landasan pendidikan akan berkaitan dengan kontekstualisasi. Bahwa landasan konsepsional tentang pendidikan akan tergantung pada isu-isu yang berkaitan dengan term pendidikan pada saat itu pula. Karenanya, akan dibahas dalam pertemuan ini pendidikan yang berkaitan dengan pelbagai isu up to date, misalnya K-13 dan lain-lain. Hal ini ditujukan untuk memberi makna kontekstualisasi terminology pendidikan terhadap tuntutan zaman. Sehingga sejatinya pendidikan sebagai ruh dari peradaban manusia dapat tercapai.